Posted in Daily, Diary, Time Management

Plan With Me, June 2023 Bullet Journal Set Up

Assalamuallaikum minna san,

Bismillahirrahmanirrahim…

Sabtu, 3 Juni 2023

Bagi yang baru mendengar tentang Bullet Journal, sila diliat di website bulletjournal.com atau ke sini, ada video singkat yang menjelaskan tentang BuJo. Mohon maaf juga jika ada beberapa istilah yang kurang familiar di artikel saya ini. Insya Allah ada penjelasannya juga di video tersebut.

Set-Up

Setiap akhir bulan atau awal bulan seperti ini kita biasa membuat template untuk bullet journal di bulan yang baru. Tujuannya tentu agar bisa mengerjakan tugas-tugas yang sudah di breakdown dari resolusi besar tahunan dan agar lebih fokus mencapai target.

Tanggal dua kemarin menyelesaikan set up Bullet Journal untuk bulan Juni, adakah template yang baru? Template yang lain sama saja seperti bulan Mei lalu meskipun tidak sempat dituliskan menjadi artikel di blog:

  • Kalendar bulan Juni – berisi tanggal-tanggal penting, libur nasiona, janji dan rapat yang sudah dijadwalkan.
  • Habit Tracker. Pada halaman yang sama dengan Kalendar, bersebelahan Habit Tracker 2 plus 3. Dua buah tracker berupa period tracker (walaupun saya menggunakan app tapi manual tetap saya lakukan) dan kehadiran ART (berhubung sering gonta-ganti ART, jadinya butuh tahu hari beliau masuk, izin sakit agar bisa mengganti hari saat izin atau membayarkan sesuai hari kerjanya). Tiga tracker tambahan yang berbeda dengan bulan lalu untuk merutinkan kebiasaan yang terkait 1 kegiatan spiritual (mau membentuk habit baru), 1 kegiatan pekerjaan profesional (yang ini masih sulit terealisasi), 1 kegiatan hobi/me time (me time bermanfaat yang tahun lalu sempat rutin kemudian kembali off). Oh iya, ada tambahan 1 tracker lagi, jadi total enam tracker bulan ini yaitu tracker setor tulisan KLIP (biar tahu sudah setor berapa, minimal 10 ya kan)
  • Monthly Task. Masih banyak target di bulan-bulan sebelumnya yang belum selesai dan harus saya migrate ke bulan Juni ini. Saya pecah ke dalam tiga kategori, Research 2 target, Personal 2 target (namun anaknya banyak) dan Family 9 target (ini jangka pendek yang bulanan sama ada yang jangka panjang, saya bawa terus tiap bulan biar ingat).
  • Collection monthly expenses. Saya sudah tidak menggunakan app Money Lover karena sudah tidak sempat, jadi manual saja. Alhamdulillah bulan lalu bisa rutin sampai akhir bulan mengisi dan review keuangan yang biasanya hanya sanggup nge-log (mengisi) setengah bulan saja. jadi optimis bulan ini bisa rutin nge-log.
  • Daily Log, yang ditulis satu halaman untuk satu-dua hari daily log.

Hal baru di bulan Juni

Monthly Task Breakdown. Ini judulnya saya mengarang sendiri saja, yang pasti tujuannya sudah terbaca di judul ya. Karena kesulitan menyelesaikan target bulanan yang selalu di migrate (pindah) ke bulan berikutnya, jadi saya harus memecah target terus menjadi tugas-tugas yang chewable, bisa dikunyah pelan-pelan dan sedikit-sedikit alias lebih kecil biar bisa diselesaikan.

Harapan

Mudahan dengan adanya Collection template baru yaitu Monthly Task Breakdown bisa membantu mempermudah pengerjaan tugas dan target ya aamiin!

Semangat Juni!

Wassalam.

#Menulisharianbulanjuni2023

#Menulisharianke2

#IP4ID2023

#institutibuprofesional

#Ibuprofesionalsamkabar

#Komunitasibuprofesionalsamkabar

#RumbelliterasiSamkabar

#KelasLiterasiIbuProfesional

#BersinergiJadiInspirasi

Author:

This is my journey towards achieving 100 pieces of my dreams. Follow to get inspired

Leave a comment