Category: Stay Healthy

Aliran Rasa #7dayschallengejsr: Kembali menuju jalan yang sehat

Assalamuallaikum minna san,

yuk yuk kita simpulkan gimana perasaan saya setelah melewati #7dayschallengejsr

alhamdulillah…alhamdulillah…alhamdulillah…

Banyak kebaikan yang saya rasakan setelah kembali menuju jalan yang sehat ini

Yang paling banyak tentunya ke kesehatan fisik saya, kesehatan yang saya rasakan

1. Turun berat badan, 7 hari turun 2,5 kg uhuy…

BMI saya yang di awal itu masuk kategori kelebihan berat badan, sekarang alhamdulillah masuh ditengah-tengah range Normal.

2. Sakit yang saya rasakan di persendian jari-jari kaki saya, hilang

kata suami siy kemungkinan asam urat. Berhubung udah lebih dari 4 tahun nggak pernah cek asam urat, gula dan kolesterol jadinya yang dulu masih normal, nggak tau sekarang kan.

3. Kulit wajah kenyal dan lembut

Ini salah satu efek baik konsumsi minyak zaitun.  Ditambah konsumsi buah dan sayur, mudahan keriput berkurang ya aamiin hihi…

4. Rambut sudah tidak rontok

ni salah satu efek baik konsumsi minyak zaitun. Udah bertahun-tahun saya nggak tau gimana caranya menghentikan rambut rontok saya, kecuali pakai hair tonic, itupun 3-4 tahun lalu. Mendadak, ketika sehabis keramas, ketika rambut 1/2 kering dan nyisir lho kok cuman 1-2 helai aja rambut yang terselip di sisir saya. menurut saya ini hal yang paling luar biasa. Sela-sela belahan rambut saya yang seiring usia semakin lebar, sekarang jadi makin rapat oleh rambut, alhamdulillah.

5. Lebih sensitif merasakan perubahan pada tubuh

pada hari ke 3, kalau ada makanan yang berlebihan dan tidak baik, cepat terdeteksi.

Makan kacang kebanyakan lgs sakit nyeri di punggung. Saya curiga siy kacangnya ada butternya hehehe… karena ketika konsumsi almond saja, saya tidak nyeri punggung.

Dan makan kacang kebanyakan nggak bikin saya jerawatan seperti biasa. Dulu, saya makan 1-2 kacang aja, besoknya muncul jerawat, ini alhamdulillah nggak

Merasakan gatal di daerah kaki dimana saya biasa kena eksim, gatal yang tidak biasa saya rasakan kemudian hilang. namun, biarpun gatal, saya tetap tidak garuk.

6. Lebih sensitif sama alarm penyakit ditubuh saya sendiri

ketika alif mulai gejala sakit, beberapa hari kemudian sayapun merasakan gejala gak enak badan. Namun rasanya berbeda dari biasanya, sangat berasa, jadinya bisa cepat di cegah, seperti saya segera minum air nano lebih banyak, istirahat cukup nggak begadang hehehehe….

7. Masalah kewanitaan

walaupun tanggal haid saya jadi mundur, nggak sesuai tanggal biasa. Saya dan suami berbaik sangka, mana tau ini memang sedang proses perbaikan daerah kewanitaan dan kesuburan.

waktu di hari pertama, keluar cairan bening transparan dan tidak berbau dari miss v saya. hari terakhir ##7dayschallengejsr, saya merasakan mules kaya mau haid, dan keluar cairan kuning namun tidak berbau dari miss v saya. kedua cairan tersebut belum pernah saya alami sebelumnya.

dan hari ini saya datang bulan, diawali dengan mules mau em dari subuh, saya nggak pernah mengalami hal ini sebelum-sebelumnya. Makanya pagi hari ke kampus saya sudah siapkan pembalut. Tadinya sempet berprasangka: bukannya kalau udah #7dayschallengejsr biasanya banyak yang bilang kalau em nya nggak sakit, kok saya belum em udah sakit-sakit perut?

Ternyata siang hari memang saya datang bulan. Setelah datang bulan, saya nggak mengalami sakit menstruasi seperti dulu-dulu. Alhamdulillah

8. memperbaiki mood saya

Jadi gak gampang marah, baper dan lainnya. Entah karena menahan lapar, lemes wkwkwkwk… tapi sebenernya nggak lemes siy makan tidak sampai kekenyangan selama 7 hari ini

Hari ini, saya makan seperti biasa,

ketika sahur, saya makan onigiri (nasi gulung nori), Masakan Jepang yang terkenal hambar karena garamnya dikit, jadi berasa asin karena seminggu nggak konsumsi garam (hanya himsalt)

Siang, saya buka puasa karena datang bulan. Makan seperti #7dayschallengejsr ubi manis rebus, pisang dan anggur.

Sore, saya makan oden masak sendiri, oden itu banyak glutennya, bakso ikan dan teman-temannya. Nasi dikit, ikan dan cumi goreng dikit. Rasa bumbu oden instantnya terasa lebih asin dari biasa. Dan selama saya menulis ini, punggung saya sakit. Entah karena sudah masuk zat-zat tidak baik ke tubuh saya atau karena kacang lagi.

Selama mengikuti challenge tersiksa atau bahagia?

hari 1 dan 2 itu menurut saya yang paling berat, karena merubah pola makan dan belum merasakan manfaat berarti selain rasa lapar.

tapi ketika sudah bisa dilewati, dihari ke 3 sudah enak. tubuh enak dan banyak mulai merasakan hal baik.

makanan pertama yang ingin icip setelah 7 hari diet?

mie instant, yang mana sampai hari ini belum juga terlaksana karena…duuh sayang ya, udah seminggu makan sehat masa mau dimasukin makanan kurang sehat?

 

akhir kata, semoga bisa konsisten aamiin

walaupun khilaf, asal nggak berlebihan dan cepet balik lagi ke jalan yang sehat

aamiin…

 

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Advertisements

Day 7: Love Yourself! #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Yeii, alhamdulillah hari ke 7 #7dayschallengejsr

Berat badan : 55, 4 kg (saya nimbang tiap pagi sehabis mandi, turun 0,4 kg dari kemarin. 7 hari turun 2,5 kg, mantul!)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 23,6 (normal (18.5-24,9), turun 1,1 dari hari pertama)

 

Bangun pagi:

Air alkali dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

Menu Sarapan:

Alpukat, muesli, madu, chia seed diaduk semua jadi bubur

Air nano

 

Menu makan siang:

Sayur Sop (tanpa kaldu hewani dan lainnya): wortel, jagung pipil, bawang bombay, paprika, kol, bawang daun, kentang, pala bubuk, merica bubuk, himsalt dikit

Ubi manis rebus

sambel rebus

Air nano

Buahnya jeruk besar 1 buah dan 1/2 kotak anggur hijau

Menu makan malam:

Sayur kuah lobak dan wortel iris memanjang, bawang bombay, bawang daun, merica bubuk, himsalt dikit

Sambal rebus (bikin baru, stock lama habis, kali ini saya tambahin daun jeruk)

kasih himsalt dikit keduanya

buahnya anggur besar 1/2 kotak

kacang almond buat ngemil

 

Sebenarnya, saya kira malam hari ini ibarat puasa, udah boleh bebas makan apa saja setelah 7 hari menahan macem-macem. Jadilah siangnya pas saya ke supa, saya beli kepala ikan yang sudah dimasak dan onigiri-onigiri isi berbagai macam untuk makan malam bareng A kun.

beberapa kali saya bilang sama suami bahwa kalau udah selesai #7dayschallengejsr nya, mau makan macem-macem, makan mie instant, cake enak, pasta di cafe langganan, dll., dll.

Suami sudah mengingatkan, bahwa walaupun hanya 7 hari sebaiknya dilanjutkan terus. Sayangkan ibarat usaha yang sudah terus-menerus kemudian dihancurkan oleh 1 hari makan bebaaass hanya karena kepengen tanpa memperhatikan kesehatan tubuh lagi.

Ketika waktunya makan malam, sorenya saya tetap masak sayur sehat seperti biasa. Saya cek lagi di hastag #7dayschallengejsr itu 7 hari termasuk makan malam juga nggak siy

ternyata: IYA

ihiks, akhirnya saya cuman bisa ngeliatin A kun makan kepala ikan dengan lahap…

 

terus, saya jadi mikir…. apakah saya tega memasukkan makanan nggak sehat ke tubuh saya lagi? apakah saya tega memberikan makanan nggak sehat ke A kun dan keluarga?

nggak, saya nggak tega…

jadi, kata-kata Love Yourself itu, bukan hanya diartikan mencintai diri sendiri secara psikis dan mental, namun juga mencintai tubuhmu secara fisik. Memberikan asupan sehat kepada tubuhmu agar bisa memperbaiki dirinya sendiri secara alamiah.

 

saya yang suka bikin kue, sejak di Jepang udah jarang banget juga karena alasan ini. Saya nggak tega ngasih gluten dan gula ke diri sendiri dan anak saya. bukankah cemilan, cake, cookies itu bahannya tepung-tepungan dan gula aja bukan?

gluten itu merupakan salah satu penyebab beberapa penyakit, seperti auto imun (seperti yang saya baca di ig drzaidulakbar) dan lainnya.

Ide saya, gimana kalau saya mulai belajar masak dan baking yang bahan-bahannya sehat semua, gluten free, no sugar and salt? seru kayanya…

untuk sementara, konsisten makan makanan sehat dan real food dulu sampai semua anggota keluarga termotivasi juga buat sehat, okeh?!

semangat, istiqomah!

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 6: Good Food Good Mood #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Oke, hari ke enam (Selasa)

Berat badan : 55, 8 kg (saya nimbang tiap pagi sehabis mandi, turun 0,1 kg dari kemarin. 6 hari turun 2,1 kg, mantul!)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 23,8 (masih normal, turun 0,9 dari hari pertama)

Bangun pagi:

Air alkali dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

makan kacang dikit, laper banget entah kenapa

Menu Sarapan:

Alpukat, muesli, madu, chia seed diaduk semua jadi bubur

Air nano

Menu makan siang:

Sayur Sop (tanpa kaldu hewani dan lainnya): wortel, jagung pipil, bawang bombay, paprika, kol, bawang daun, kentang, pala bubuk, merica bubuk, himsalt dikit

sambel rebus

Air nano

Buahnya jeruk besar 1 buah

 ngemil kacang-kacangan

jam 4 laper, makan pisang 1, jeruk 1 dan kurma 2 buah

Menu makan malam:

Sayur Sop seperti siang, ditambah mie shirataki

Sambal rebus

kasih himsalt dikit keduanya

buahnya anggur hijau 1/2 kotak

Hari ini A kun ada gejala sakit, dari sore kemarin sepulang sekolah, badannya pusing kepalanya panas, batuk dikit dan flu

jadi nggak ke sekolah hari ini

mamah masak sop biar badannya enak, jadi A kun ditambahin kaldu ayam bikin sendiri dengan merebus potongan ayam boneless di panci terpisah dari sayurannya

dan disuruh ngunyah kencur untuk meredakan batuk seperti tips Ayah

tapi berhubung belum terbiasa, mamah masukin di nasi heheheh….

Pulang dari lab sore juga mamah merasa nggak enak badan, jadi cepet pulang dan segera makan buah-buahan berharap gejalanya cepet hilang

Lagi musim pancaroba perpindahan winter ke spring jadi cuacanya kadang berubah-rubah, panas hujan dingin terik

lagi musim sakit dimana-mana

mudahan semuanya selalu dalam keadaan sehat yaa aamiin…

Perubahan yang saya rasakan selama 6 hari diet seperti ini adalah, saya jadi lebih sensitif sama alarm penyakit ditubuh saya sendiri

Tiba-tiba merasakan gatal yang gak nyaman di tenggorokan, atau sakit nyeri di punggung

seperti pagi hari ketika saya terpapar batuk dari orang lain, tiba-tiba beberapa saat tenggorokan saya seperti ada yang nyubit-nyubit

pulang ke rumah saya langsung minum air nano banyak-banyak

pas sore, badan berasa gak enak, pulang langsung makan buah banyak-banyak

 

Dan mood saya yang suka berubah-rubah, sering ngambek dan lainnya, sejak diet nggak mudah kesel, sama anak maupun suami

Padahal pagi ini suami nelp sambil cerita hal yang nggak enak buat saya, sebenernya buat dia tapi saya jadi sakit hati juga karena saya berasa udah separuhnya dia kan hihi… mana lagi dilab, bisa kesel-kesel tuh karena konsentrasi belajar saya jadi buyar.

Tapi saya bawa ketawa aja deh, dan berusaha bikin suasana nggak makin runyam.

Nggak mudah baperan lah selama diet ini

 

Mungkin istilah Good Food Good Mood itu bukan untuk makanan yang enak tapi nggak menyehatkan, tapi real food yang memang dibutuhkan tubuh

semangat, 1 hari lagi!

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 5: Konsisten itu berat! #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Oke, hari ke lima (Senin), Puasa sunnah

Berat badan : Hari ini saya nggak melaporkan berat badan berhubung waktu nimbang badannya kemarin waktunya sore (yang biasanya pagi), akibatnya pagi ini timbangan tetap dan sore hari ini baru berubah lagi.. jadi biar enak, kita nimbang besok pagi aja ya… soalnya timbangan pagi ini sama dengan kemarin sore yaitu 55,9 kg

Sahur:

Air alkali/nano dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

Menu makan siang:

Sayur Kuah daikon (lobak), bumbunya cuman irisan cabe hijau dan bawang bombay,  bawang putih halus, black pepper, himsalt dikit

kentang besar rebus 1/3 bagian

sambal rebus, himsalt dikit

Air nano

Buahnya jeruk sedang 2 buah

cemilan kacang-kacangan

kenyang alhamdulillah

Salah satu hobi saya kalau istirahat pulang dari kampus: nontonin orang mukbang makan enak di sosmed atau yutub

akibatnya kangen banget makan mie instant, sambel kemasan yang pedes gila, kerupuk, protein hewani dan lainnya

saya masak ikan goreng balado untuk A kun aja saya endus-endus wanginya, kayanya enak gitu ahahaha…segitunya ya…

kalau saja saya tidak menulis laporan tiap hari di blog, kayanya saya akan lebih cepat menyerahnya…

saya bilang sama suami : abis 7 hari diet ini mau makan apaaaa aja…suka-suka

suami bilang: jangan, sayang donk udah makin sehat dan bonus langsing masa mau  balik awal lagi ?..

betul-betul, akan saya inget terus pesen beliau nih kalau mau makan yang gluten-gula-dll

nampaknya semua makanan yang kurang sehat harus segera saya keluarkan dari lemari sembako sebelum saya habisin sendiri #ups

konsisten itu berat ya gaes…

semangat, 2 hari lagi!

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 4: chia seed, himalaya salt, mie shirataki, dll itu mahal kah? #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Oke, hari keempat (Minggu)

Berat badan : 55, 9 kg (saya nimbang sore hari karena pagi keramas pastinya air ikut ketimbang karena rambut masih basah, turun 0,2 kg dari kemarin. 4 hari turun 1,9 kg, mantul!)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 23,8 (masih normal, turun 0,9 dari hari pertama)

Bangun pagi:

Air alkali/nano dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

 

Menu Sarapan:

Pisang dan Kiwi

Air nano

jam 11 pagi laper jadi makan kurma 1 buah, kacang-kacangan dan 1 buah jeruk

Menu makan siang:

Sayur Kuah wortel (iris tipis kecil), asparagus (potong 4 bagian), tofu (potong kecil), jamur enoki, bawang merah iris, bawang putih halus, black pepper, himsalt dikit

kentang besar rebus 1/3 bagian

sambal rebus, himsalt dikit

Air nano

Buahnya jeruk besar 1 buah dan anggur besar 1/2 kotak

Jam 2-an pengen ngemil kacang-kacangan

Menu makan malam:

Sayur Kuah sama kaya siang

Sambal rebus

kasih himsalt dikit keduanya

kentang rebus sedang 1 buah

Buahnya jeruk besar 1 buah dan anggur besar 1/2 kotak

mungkin semua yang baca pada nanya soal chia seed, himalaya salt, mie shirataki, mix grain, konyaku, muesli, dll beli dimana?

pasti mahal…

Iyap, karena 10 tahun lalu, saat ingin merubah pola hidup sehat, walau sekarang masih banyak khilafnya kepikiran hal itu, kalau saya beli buah, beli lemon, ganti susu jadi hilo atau WRP pasti biaya sehari-hari jadi tinggi.

sebenarnya, kalau mau diitung-itung akan kurang lebih aja, bahkan cenderung sama. Dan untuk jangka panjang jauh lebih murah, karena tidak ada biaya ke dokter dan obat.

Dulu saya pernah ngitung kasar biaya saya sarapan pagi dengan susu WRP atau roti gandum 1 lembar dengan nasi bungkus. Sebenernya kurang lebih sama. 10-15 ribu, bahlan WRP rasanya di bawah itu segelasnya. Luruskan niat ya girls, mau sehat.

Jadinya sekarang saya udah nggak mikirin lagi soal murah mahalnya, mungkin keliatan mahal karena jarang dijual bebas.

waktu di Indonesia saya juga bingung dimana saya bisa beli chia seed dan himsalt, saya taunya via online tapi berhubung masih ragu jadi saya nggak pernah beli, ragu harganya hihi…apakah mahal?…worth to try nggak?…

Hebatnya di Jepang ini, semua makanan sehat mudah didapat, makanya usia hidup penduduknya lebih panjang dibanding penduduk Indonesia.

Jadi saya udah lebih dari 2 tahun konsumsi chia seed, harganya 50 ribuan rupiah per  226 gram, kalau didalam uang yen siy seperti 5 ribuan gitu harganya, beli di Kaldi, toko yang terkenal di seluruh Jepang yang khusus berjualan bahan makanan import dari seluruh penjuru dunia. Surganya orang asing hihi… saya nemu muesli, quinoa di sini, cemilan LN juga di sini.

kalau himalaya salt, saya emang beli sebelum saya ikutan tantangan ini, karena nemu di supa biasa di rak bumbu. Saya yang kepengen punya waktu di Indonesia dulu ya gercep lah beli, harganya juga kaya harga garam biasa di Jepang, mahal dikit.

Mie shirataki, konyaku, mix grain adalah makanan sehat dan makanan diet yang bisa nemu di supa manapun, mie sirataki dan konyaku berasal dari umbi-umbian dan punya nilai kalori 0 sebagai pengganti karbo, harganya murce banget, berbagai macam bentuk dan ukuran karena di sini digunakan sebagai campuran masakan khas Jepang yaitu salah satunya adalah Oden.

Kalau mix grain, atau terkenalnya di Indonesia adalah kongbap (import korea). Adalah campuran biji-bijian berserat tinggi yang dicampur di nasi biar kalau makan nasi tetap ada serat tingginya. Saya juga udah lama biasa bikin, gara-gara dikasih senpai saya yang udah pulang ke Indonesia.

Tadinya kesedihan saya adalah: kapan ya di pasar-pasar tradisional kita ada jual produk Allah yang sehat seperti di Jepang?

Namun, ketika saya mau nulis ini, jawabannya adalah…semua produk Allah itu udah tersedia, bahkan lebih banyak di Indonesia seperti bumbu dan rempah asli Indonesia. Namun kesadaran manusianya aja untuk kembali ke jalan yang sehat, mengurangi gluten dan bahan kimiawi dalam makanan olahan.

 

fyi, diakhir challenge nanti saya akan nulis artikel terpisah tentang dampak sehat yang saya rasakan tiap harinya ya …

jadi stay tune!

 

semangat!

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 3: Chestnut dan Usrah #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Oke, hari ketiga (Sabtu)

Berat badan : 56,1 kg (saya nimbang tiap pagi sehabis mandi, turun 0,5 kg dari kemarin. 3 hari turun 1,7 kg, mantul!)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 23,9 (masih normal, turun 0,8 dari hari pertama)

Bangun pagi:

Air alkali dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

Menu Sarapan:

Alpukat, muesli, madu, chia seed diaduk semua jadi bubur

Air Alkali atau Air nano

Menu makan siang:

Ubi manis rebus 1 buah kecil

Mentimun 1 buah

Sayur Tauge dan sambel

Air nano

Buahnya jeruk besar 2 buah dan anggur kecil sekotak

Menu makan malam:

Sayur tauge

Sambal rebus

kasih himsalt dikit keduanya

kentang rebus 1 buah

kacang-kacangan yang plain (mete, almond dan chesnut)

Makan kacang-kacangan lumayan bikin kenyang ternyata

kenapa yang plain soalnya ada kemasan yang isinya udah ada butter atau dikasih garam. Belinya terpisah-pisah terus saya gabungin di wadah plastik, jadi sewaktu-waktu bisa dicemil.

Baru pertama kali saya makan chesnut (kuri in nihongo) yang utuh, biasanya kalau autumn ke winter semua produk snack dijual dengan rasa chesnut, special edition gitu, kaya coklat, wafer dan lainnya.

Kulit luarnya berbulu, saya kira dalamnya alias si kacang chesnut ini keras kaya kacang-kacangan lainnya. Ternyata lembut dan enak. Saya sempat mikir lama karena saat mengunyahnya teringat kenangan bahwa saya pernah merasakan mirip seperti makan chesnut. Setelah agak lama, teringatlah…lembut dan teksturnya mirip biji cempedak yang direbus.

Hari ini nggak banyak gerak kecuali nyuci, nyetrika, ke lab naik sepeda dan ke MICC (Matsuyama Islamic Culture Centre) tempat biasa ibu-ibu mengadakan Usrah (bacanya usroh) artinya berkumpul menimba ilmu, ya kaya majelis taklim gitu tapi orangnya nggak banyak, warga muslim (tahun ini semuanya orang Indonesia) yang tinggal di wilayah kampus Johoku (Science and Engineering). Kalau di kampus Tarumi (Agriculture and Fishery) ada lagi Usrahnya.

Biasanya setelah tadarus, ceramah dan diskusi di tutup dengan makanan, entah snack atau makan berat tergantung.

Dan berhubung lagi 7 hari diet, saya cuman makan jeruk dan air nano yang saya bawa sendiri. Semua potluck yang di bawa temen-temen rata-rata ada gula, garam, gluten…sedih juga ya, nggak enak juga sama temen. Saya bilang ke 1-2 ibu kalau saya lagi diet, jadi mohon maaf kalau nggak ikut nyicip.

Setelah dipikir-pikir, makanan sehari-hari kita itu emang gluten, gula, garam semua ya… susah banget mau berkomitmen untuk gluten free terus-terusan ya. Saya aja yang cuman 7 hari berasa gimana gitu, kalau nggak saya janji nulis semua progress di sini, mungkin udah batal dietnya hehehhe… kangen mie, cake, coklat, kerupuk ahahahhaa…

semangat!

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 2 : Menu and Rules #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Maaf pembaca, saya baru nulis report hari kedua di hari sabtu ini, mestinya kemarin tapi setrikaan lagi buanyak banget hehehhe…

Oke, hari kedua (Jumat)

Berat badan : 56,7 kg (saya nimbang tiap pagi sehabis mandi, turun 1,2 kg dari kamis kemarin. 2 hari turun 1 kg lebih, mantul!)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 24,2 (masih normal, turun 0,5 dari kamis kemarin)

Bangun pagi:

Air alkali dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

 

Menu Sarapan:

Pisang 1 buah, Kiwi 1 buah, ditaburi chia seed

Air Alkali atau Air nano

Jam 9 pagi saya laper pemirsa, jadi makan kurma 2 buah dan ubi manis rebus separuh yang kecil dan banyak minum air nano

 

Kemarin malam saya masak cumi balado buat A kun untuk makan hari ini di rumah

Hari ini saya naik sepeda kurleb 3 km lebih karena pagi ikutan nihongo spring course trus pulangnya ke supa nyari buah dan sayur yang kemrin nggak nemu seperti alpukat, nenas dan kentang.

 

Menu makan siang:

Ubi manis rebus 1,5 buah kecil

Mentimun 1 buah

dikasih garlic bubuk dikit

air nano

Buahnya jeruk besar 1 buah dan anggur kecil 5 buah

 

Pas di lab, saya searching menu-menu yang dibuat para peserta #7dayschallengejsr dan menemukan banyak menu dan makanan baru

seperti, bahwa sambal boleh asal bikin sendiri, sayur tumis boleh pakai olive oil dengan api kecil, bumbu pecel juga boleh

asal aturannya ya

sayur dan buah min. 2-3 jenis dan 2-3 warna tiap kali makan

no sugar (ganti madu) dan no salt (ganti garam himalaya)

cara masak no goreng hanya panggang/bakar-rebus-kukus

tempe dan tahu boleh

bumbu-bumbu boleh seperti garlic, shallot (bawang merah), black pepper, dll

Kacang-kacangan termasuk produk olahannya seperti tahu dan tempe, natto bisa berarti

No protein hewani

no nasi

Sorenya saya bikin sambel rebus (bawang merah-bawang putih-tomat-cabe rawit) dan sayur tauge-wortel-brokoli-kol yang ada kuahnya dikasih jahe dikit dan bawang putih halus

 

Menu Makan Sore:

Air nano

Sayur Tauge cs berkuah

Sambel rebus bikin sendiri

Ubi manis 2 buah kecil

Buahnya jeruk 2 buah dan stroberi 2 buah

 

Alhamdulillah kenyang pemirsa

 

saya bahagia soalnya boleh makan pedes, secara nggak bisa kalau nggak makan pedes hihi…

Oh iya, pas di piring saya tabur himsalt (himalaya salt) sedikit ke sambal dan sayurnya

bahagia alhamdulillah

 

A kun makan sayur taugenya ditabur garam meja hehehe…

Sebelum tidur saya mulai laper, tapi nggak selapar kemarin

saya makan kurma 2 buah dan minum air nano

 

Kencing saya sampai transparan, saking seringnya minum hihi…

 

Semangat ah, besok kita lanjut lagi ya tantangannya

sabtu mau ke lab lagi ngerjain tugas

sore saya share hari ke 3 ini ya alias hari sabtu

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

Day 1 #7dayschallengejsr

Assalamuallaikum minna san,

Bagaimana puasa hari ini?

Semoga membawa banyak kebaikan ya?

Lagi pengen lgs tidur, lupa harus kasih laporan tiap harinya ya hihi…

Jadilah menulis blog di hape

Oke, hari pertama ini

Berat badan : 57,9 kg (saya nimbang tiap pagi sehabis mandi, ini udah naik seminggu lalu masih 57,2 kg)

Tinggi badan : 153 cm (nggak akan akan nambah tinggi siy)

Jadi BMI saya : 24,7 (masih normal tapi angka 25,0 udah kelebihan berat badan wkwkwk)

Menu sahur:

Air alkali dalam jar : 2 sdm chia seed dikasih air hangat 1/4 jar, sampai mengembang trus tambahin 1 sdm madu dan masukin lemon 2 iris, tambahin air dingin sampai penuh

Kurma 2 buah

1 sdm olive oil (pilih yang extra virgin olive oil ya karena penyulingan pertama, kalau tidak salah)

1 sdm Madu

Menu sahur gitu doank saudara, oh iya saya tambahin coklat bengbeng 1 bar wkwkwk

 

Oh iya, saya bikin salmon baked rice buat A kun hari ini, karena catering di sekolah lg gak bisa dimakan sama yang muslim semuanya (nasi-protein-sayur) jd bawa bento dan pengennya A kun gak mau nasi putih doank, biasanya mamah bikin nasi kuning, nasi goreng, spagetti atau salmon baked rice ini

Dan mamah gak nyicip huhu… pdhl nampak enak, keju, salmon, mayo, mix veggie, kejuuuu banyak

Hari ini saya naik sepeda kurleb 5-6 km lebih karena pagi ikutan nihongo spring course trus sore sehabis dari lab saya pergi ke supa yang agak jauh karena mau nyetok buah dan sayur.

Di Lamu supa kurleb 15 menit kesana naik sepeda, sembakonya lebih lengkap dan harga lebih murah

Dan saya kalap belanja sayur buah dan lainnya karena banyak jenisnya, murag, udah 3 bulan gak kesana dan dalam kondisi laper ahahahaha….

Pulangnya, lgs buka puasa

Menu Buka Puasa:

Air alkali dalam jar yang tadi pagi dibuat

Kurma 5 buah

Brokoli 1/2 dan kentang 1 di rebus

Stroberi 3 dan anggur kecil 2

No salt no sugar no spices…

kenyang siy awalnya, tapi mau tidur gini kok laper

Panduannya tantangan ini, selama sehabis makan malam dan sebelum tidur, minum teh hijau, kopi dan air alkali

Tapi saya udah ngantuk niy

Semangat ah, besok kita lanjut lagi ya tantangannya

Oyasuminasai semuanya

Wassalam

#7dayschallengejsr

#menujusehat

#produkAllah

7 Days Challenge

Assalamuallaikum minna san,

Tantangan 7 Hari?

apa pula ini?

Masih dalam rangka menjaga kesehatan dan ngikutin ilmu yang di share ignya dr.zaidulakbar

dan 2 mingguan kedepan masih dalam rangka libur Kelas Bunda Sayangnya IIP

Jadi ingin melakukan #7dayschallengejsr

Walaupun terlambat, karena udah selesai #7dayschallenge2jsr malahan hihi

Dan menulis di blog adalah dalam rangka menjaga konsistensi dan komitmen untuk menjalaninya selama 1 minggu

Hal yang pertama saya lakukan adalah:

Minta izin sama suami, walaupun suami bilang kenapa minta izin segala, ya mana tau dilarang karena takut pingsan, kan harus nurut hihi…

Membaca lagi apa siy itu #7dayschallengejsr bagaimana, apa yang dilakukan, makan apa saja..intinya makan buah, sayur, no minyak, no gula, no garam, kurma, madu, chia seed, air alkali, gluten free, no protein hewani dan dairy product. Untuk lengkapnya kalian bisa searching ya gaes, daripada saya salah ngasih tau

Setelah itu saya bikin grocery list, biar tau isi dapur dan lemari sembako saya apakah sudah memenuhi, dan kalau ke supa tidak kalap beli semua yang lagi diskon. Saya juga lagi mengurangi banget beli snack dan penuh gluten di lemari sembako dan kulkas. Nggak mau sering-sering ke supa, tiap minggu bahkan dulu ke supa dan kemudian banyak bahan mentah terbuang. Saya udah 3 minggu nggak ke supa dan makanan alhamdulillah aman di rumah, dompet juga hehehehe…

Belanja ke supa, berhubung hari ini hujan lebat sepanjang hari (100 %) dan esok, maka ke supa saya skip…ke supa yang jauh dimana sayur dan buahnya lengkap dan banyak serta harganya lebih murah. Jadi saya gunakan bahan mentah yang masih ada di rumah saja dulu. Paling tidak, dengan grocery list ini saya punya batasan apa yang harus yang harus dihindari ketika belanja sembako (yang manis2, snack gluten, keju dan susu hewani, dll)

Bismillah, niat yang kuat

Mari kita mulai besok!

Wassalam

JSR

Assalamuallaikum minna san,

mungkin udah pada tau soal JSR ya, yaitu Jurus Sehat Rasulullah

Cari di Instagram akunnya dr.zaidulakbar dan hastag #7dayschallengejsr

Penjelasan singkat yang sumbernya dari akun ig beliau yaitu

Ada istilah Puasa (P1) yang maknanya puasa seperti pemahaman orang banyak dan sesuai contoh Rasulullah ﷺ , lalu ada istilah “puasa” (P2) dimana kita memang menyengajakan lapar untuk membongkar sampah2 protein rusak dan sampah metabolisme di tubuh kita, yang numpuk di “freezer”, tp di P2 ini ada minum yang akan dikonsumsi di waktu p2 dan dan F inilah biang masalah numpuknya sampah metabolisme.
..
ada istilah Kulkas (K) dan Freezer (F), inget2 dua hal tadi ya.. dan ingat baik2, puasa itu menyehatkan, tidak akan membuat masalah sepanjang kitanya yakin banyak berkah dari puasa dan manfaat dari P2, asal air tercukupi.
..
Jd intinya kita mau bongkar K & F sekaligus , kalo isi K mau dibongkar mk prinsip sedikit makan banyak bergerak belum tentu berhasil, mengapa ? Karena masalahnya bukan di kalori masuk tpi di sensitifitas hormon dan kelenjar yang mereka numpuk di F, 
jd kita mau bongkar 22 nya.. , caranya gimana..?

 

Udah follow akun beliau beberapa bulan karena ada temen di Semarang (Mbak S yang sholehah) ang share di ignya lalu saya follow deh apalagi penasaran seorang dokter yang berbagi ilmu (dan nulis buku) tentang sehat cara Rasul.

Setelah menikah, awalnya saya ikutan karena ingin punya tubuh sehat dan promil juga, secara saya udah diatas 35 usianya dan Trigliserida  saya tinggi ketika terakhir cek sebelum balik ke Jepang.

Saya rutin tiap bangun tidur minum 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm madu, 2 buah kurma dan air alkali (infused water lemon-chia seed).

Sarapan susu H*rb*life (ini baru 1 bulan sebelum nikah tahun ini, gara-gara  hopeless mau turun BB instan). Makan siang seperti biasa. Malam seperti biasa.

Pas bulan lalu liat di ig dr. zaidul ajakan untuk tantangan 3 hari puasa ayyamul bidh sambil bersih-bersih K dan F

Caranya, seperti sumber di ig beliau:

Sahur: 
– Makanlah kurma maksimal 7 Butir/madu 1sdm atau PORSI KECIL alias SEDIKIT BUAH
– Air putih hangat ( alkali pH lebih baik) 2 gelas
– minyak zaitun atau vco 1 sdm
– Chia seed 1sdm ( boleh dicampur air)
Berbuka
– Makan kurma maksimal 3 butir
– Air putih hangat 2 gelas
– Sayur kukus lebih baik atau rebus 2-3 macam porsi kecil.
Lalu anda P2 lagi sampe Sahur pada hari kedua puasa, lakukan pola yang sama hingga hari ketiga puasa ayyamul bidh nya.
Setelah berbuka berarti ga makan..? .

Saya sarankan tidak makan, tapi anda memperbanyak air putih hangat, air rebusan kayu manis, teh hijau, atau kopi hitam ( yang ringan saja, kurang lebih 1/2sdt diseduu air panas) , 
minuman2 diatas akan membantu membersihkan lambung lbh baik atau minum cia seed 1sdm di P2 ini.

 

Saya sanggupnya jalanin cuman 2 hari, hari ketiga akhirnya makan siang dan malam seperti biasa, karena niat belum kuat ya…banyak takutnya, takut pingsan

padahal yang dirasakan banyak banget selama 2 hari dengan cara seperti di atas

Biasanya saya sakit persendian di kaki, susah tidur, berat badan susah turun (kata orang udah ideal, kata saya masih gendut heheheh…)

setelah 2 hari puasa, sendi kaki berkurang sakitnya bahkan sampai sebulan lebih, sekarang ini sudah tidak sakit lagi, alhamdulillah. Berat badan turun 1 kg, hanya 2 hari gaes… dan tidur saya nyenyak, lebih bisa fokus dan konsentrasi di lab, gak mudah ngantuk saat bosen di lab, lebih bertenaga

Kalian pasti bisa juga

Wassalam