Posted in Great Enthusiasm, Time Management

Plan With Me, September 2023 Bullet Journal Set Up

Assalamuallaikum minna san,

Bismillahirrahmanirrahim…

Rabu, 6 September 2023

Welcome Autumn, halah… September sudah masuk musim gugur di Jepang, biasanya suhunya kisaran 20 derajat di Matsuyama, jadi sejuk kaya diruangan ber AC namun matahari bersinar cerah. Pepohonan mulai berubah warna menjadi merah bata, kuning dan coklat. Daun maple besar maupun jenis pohon maple yang ukuran daunnya mungil pun mulai menggugurkan daun-daunnya yang berwarna merah bata. Autumn jadi salah satu musim paling dikangenin, karena saya suka angin sepoi-sepoinya bisa healing singkat dengan duduk-duduk di taman kampus sambil ngopi dari vending machine kalau lagi sumpek.

Kembali ke dunia nyata, mari menyambut bulan September dengan hati yang penuh keoptimisan, tantangan baru tentunya semangat juga harus terus dipupuk. Ini saya bicara untuk diri sendiri ya bukibuk. Bulan Agustus lalu saya anggap adalah bulan sakit (lihat tulisan saya di sini) maka bulan ini harus jauh lebih sehat. Aamiin.

Oh iya, jumlah setoran KLIP 2023 mulai bulan ini sampai November menjadi 500 kata. Hmm, baiklah kita cerita apa ya di bulan-bulan ini. Berpikir keras.

Set-Up

Bulan ini saya merasa banyak perubahan besar di Bullet Journal Set Up saya, nanti kita bahas ya, saya cerita yang template tetap dulu ya.

  • Kalendar bulan September, bulan ini nggak ada catatan ultah keluarga, tanggal merah Nasional juga hanya satu, jadi isinya baru janji di pekan 1 dan 2
  • Monthly Goals. Bulan ini saya bagi menjadi tiga (yang biasanya dua): Personal, Family dan Professional
  • Collection of Monthly Goals Breakdown, biasanya terpisah dengan monthly goals, kali ini saya rubah susunannya agar sebelahan dengan monthly goals.
  • Collection of monthly expenses. Masih tetap sama.
Biasanya tracker saya taruh di sebelah kalendar, sekarang dipindah ke halaman terpisah

Hal baru di bulan September

Kali ini saya senang sekali bercerita tentang apa yang baru di bulan ini. Set Up bulan ini tentunya berkaitan dengan keikutsertaan saya juga di Kampung Bakat Ibu Profesional batch 3 tahun 2023 ini. Saya gabung di Kabin Healthy Life dan bulan ini mencoba membentuk kebiasaan sehat sejalan dengan misi di Kabin Healthy Life. Cerita lengkapnya di tulisan lain ya.

Apa saja yang baru di bulan September ini?

  • Habit Tracker. Sebenarnya template ini bukan hal baru. Namun sejak saya mencoba Bullet Journal dengan format minimalis, saya hanya punya ruang kecil di sebelah kalendar bulanan di Bullet Journal untuk tracker saya. Ryder Carroll, penemu sistem Bullet Journal juga pernah bilang bahwa setiap bulan kita hanya butuh (dan sanggup) untuk membentuk tiga habit baru saja. Namun bulan ini saya mencoba membuat dua halaman penuh berupa tracker untuk hidup yang lebih sehat, baik fisik, mental dan spiritual. Insya Allah.
  • Brain Dump. Kayanya saya masih butuh ini setelah tahun ini tidak keluar. Karena sering kali tingkat stres muncul akibat kepikiran beberapa hal yang harus dilakukan, jadi kepikiran terus. Dengan adanya brain dump, semoga bisa keluar dulu dari pikiran, disimpan di Bullet Journal dulu, biar pikiran ringan. Insya Allah.
  • Hmm. Apalagi ya, kayanya itu aja dulu.

Habit Tracker bulan September

September Color Pallette

Setiap bulan biasanya selalu ada tema atau warna yang dominan. Kali ini saya memilih hijau, biru dan coklat.

Harapan

Semoga bisa konsisten dan rutin membentuk healthy habit ya buk. Bismillah…

Semangat!!!

Semoga September benar-benar membawa keceriaan seperti judul lagunya Tante Vina Panduwinata aamiin

Wassalam.

#MenulisharianBulanSeptember2023

#Menulisharianke1

#IP4ID2023

#institutibuprofesional

#Ibuprofesionalsamkabar

#Komunitasibuprofesionalsamkabar

#RumbelliterasiSamkabar

#KelasLiterasiIbuProfesional

#BersinergiJadiInspirasi

Author:

This is my journey towards achieving 100 pieces of my dreams. Follow to get inspired

Leave a comment